Analisis Kinerja Sistem Provinsi Sulawesi Barat

A.      Latar Belakang
Provinsi Sulawesi Barat dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2004 dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia tanggal 16 Oktober 2004. Provinsi Sulawesi Barat ini merupakan pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan, sesuai aspirasi masyarakat yang dituangkan dalam
·                     Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 20 Tahun 2002 tanggal 18 September 2002,
·                     Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Majene Nomor 10 tahun 2000 tanggal 10 Maret 2000,
·                     Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Polewali Mamasa Nomor 12/KPTS/DPRD/VI/2000 Tahun 2000 tanggal 19 Juni 2000,
·                     Keputusan Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Mamuju Nomor 42/KPTS/DPRD/2000 Tahun 2000 tanggal 6 Oktober 2000,
·                     Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mamasa Nomor 26/KPTS/DPRD- Mamasa/2003 tanggal 27 Desember 2003,
·                     Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mamuju Utara Nomor IST/KPTS/DPRD-MAMUJU UTARA/2004 tanggal 23 Agustus 2004.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2004 ini pula, dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Barat yang merupakan lembaga Perwakilan Rakyat Daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Pengisian anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat tersebut didasari dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.56-1028 Tahun 2005 tanggal 25 November 2005, dan telah diambil sumpah/janjinya pada tanggal 7 Desember 2005. Dengan selesainya pengisian anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat dan Pemilihan Pimpinan DPRD tersebut merupakan tonggak sejarah baru bagi provinsi ini karena telah mempunyai lembaga perwakilan rakyat yang permanen, utuh dan representatif, yang nantinya diharapkan dapat menjadi penyalur aspirasi rakyat, menjadi mitra sejajar pemerintah daerah.

A.      Gambaran Umum Provinsi Sulawesi Barat
Kondisi Geografis Daerah
1.      Letak geografis Provinsi Sulawesi Barat sangat Strategis karena :
Berada pada sekitar garis khatulistiwa, terletak antara 0o 45'59'' Lintang Selatan, 03o 34'0'' Lintang Selatan, serta 118o 48'59''Bujur Timur hingga 119o 55'06''Bujur Timur.
2.      Memiliki Laut sepanjang Selat Makassar yang merupakan lintas pelayaran Internasional.
3.      Berada pada titk tengah dalam hubungannya dengan Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Provinsi Kalimantan Timur.
4.      Luas Wilayah daratan Provinsi Sulawesi Barat adalah 16.787,18 Km2
Provinsi Sulawesi Barat memliki batas administrasi daerah antara lain :
·         Dibagian Barat berbatasan dengan Kabupaten Paser Propinsi Kalimantan Timur
·         Dibagian Utara berbatasan dengan Kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah
·         Dibagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Pinrang Propinsi Sulawesi Selatan
·         Dibagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Tana Toraja dan Luwu Utara Propinsi Sulawesi Selatan
 Kabupaten, Luas, Jarak ke Ibukota Provinsi :
·         Majene 879,77 Km2, Jarak 143 Km, Persentase 5,18
·         Polman 2.090,05 Km2, Jarak 199 Km, Persentase 12,30
·         Mamasa 2.843,85 Km2, Jarak 292 Km, Persentase 16,74
·         Mamuju 8.221,81 Km2, Jarak 0, Persentase 48,39
·         Mamuju Utara 276 Km2, Jarak 276 Km, Persentase 17,39
Jumlah Bangunan (258.583) Rumah Tempat Tinggal Di Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2010 :
·         Mamuju 75.754
·         Polman 87.948
·         Majene 31.080
·         Mamasa 32.119
·         Mamuju Utara 31.682
Gambaran Umum Demografis
Provinsi Sulawesi Barat yang terdiri atas 5 (lima) Kabupaten memiliki jumlah penduduk berdasarkan hasil Sensus Penduduk BPS pada tahun 2010 berjumlah 1.158.336 jiwa. Berikut rincian jumlah penduduk dan komposisinya berdasarkan jenis kelamin, struktur usia, jenis pekerjaan, dan pendidikan :

Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten Di Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2010 :
·         Mamuju, Laki-Laki 173.4131 dan Perempuan 163.560, Total 336.973 Jiwa
·         Polman, laki-Laki 193.108 dan Perempuan 203.012, Total 396.120 Jiwa
·         Majene, laki-Laki 73.673 dan Perempuan 77.434, Total 151.107 Jiwa
·         Mamasa, laki-Laki 71.088 dan Perempuan 68.994, Total 140.082 Jiwa
·         Mamuju Utara, Laki-Laki 70.244 dan Perempuan 64.125, Total 134.369 Jiwa


Gambar 1. Tampilan utama e-government kota Sulawesi Barat

Gambar di atas Merupakan Tampilan utama dari Website Sulawesi Barat, dari tampilan awalnya sudah bagus, dari atas terdapat foto rumah adat dan  penari yang memakai pakaian adat Sulbar . Di Website ini terdapat fitur-fitur layanan dan informasi yang dapat di akses oleh masyarakat. Website ini memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Makalah ini akan menelusuri lebih lanjut tentang website tersebut.
II.     ANALISIS TAMPILAN
Jika di lihat dari segi tampilan Situs ini, sudah sangat lengkap dan sesuai dengan standar situs pemerintahan seharusnya, pada bagian atas situs ini menampilkan beberapa pilihan. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini
Bisa di lihat gambar di atas ini adalah fitur-fitur dari Website Sulawesi Barat seperti Teras Sulbar, Mengenal Sulbar, Datang &Kunjungi, Hidup Di Sulbar, Gallery, Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah Dan Produk perundangan , semuanya dapat di akses dan memiliki isi yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri.
1  Home (Teras Sulawesi Barat)
Sekilas menampilkan  sejarah  poto gubernur dan wakil gubernur Sulbar saat ini dan keadaan juga daya tarik dari propinsi Sulawesi barat , kemudian juga di sediakan  slot pengumuman dan  berita terkini tentang kejadian-kejadian yang terjadi di wilayah sekitar  Sulawesi bara. Pada  bagian atas web link “teras sulbar” ini juga menyediakan berbagai informasi tentang Sulawesi barat,   seperti :

o    Visi dan Misi
o    Posko Gempa
o    Pengumuman
o    Artikel
o    Nomor Penting
o    Webmail
Dalam teras sulbar juga disediakan sublink suara masyarakat, sehingga Jika ingin menyampaikan aspirasi ke pemerintah maka di halaman ini lah masyarakat bisa menyampaikannya dengan syarat harus registrasi dulu di situs ini. Halaman ini sudah lengkap dengan nama dan kapan penulisan komentar. Selanjutnya  balasan langsung di tulis di bawah komentar yang bersangakutan di sertai dengan tanggal penulisan balasan.Namun sayang situs yang bagus ini tidak dilengkapi 2 dua bahasa.
2. Mengenal Sulawesi Barat
Ini adalah isi dari Mengenal Sulawesi Barat di dalamnya terdapat Berita terkini mengenai Sulawesi Barat, sejarah, demografi dan kekayaan alam di sulbar;  Sulbar Masa Depan;  Pemerintahan yang berisi perangkat daerah, struktur pemerintahan dan lainnya; dan program kerja pemerintahnya. semuanya dapat di akses oleh semua orang, yang ingin mengenal tentang Sulawesi Barat.
3. Datang Dan Berkunjung
Gambar di samping ini adalah bagian yang paling menarik bagi saya setiap kali membuka website daerah, yaitu Bagian Datang dan Kunjungi. Di dalamnya terdapat kalender kegiatan, rekomendasi hotel dan kuliner, kesenian khas Sulawesi Barat, tempat belanja dan pariwisata
            Tapi sayang karena beberapa link di samping ternyata kosong seperti kalender kegiatan, tempat belanja dan kesenian.
4.Bisnis Sulawesi Barat
Ini adalah  isi dari Bisnis Sulawesi Barat,  kita bisa mendapat informasi tentang investasi, produk unggulan, layanan dan perizinan bisnis, retribusi daerah, data UMKM,  statistik, Insentif dan laporan keuangan ini menarik untuk investor yang ingin menanam modal atau membuat usaha di provinsi Sulawesi Barat. Pada bagian ini dapat dimanfaatkan para investor yang ingin menanamkan modal atau ingin membuka usaha di Sulawesi Barat.



5. Hidup Di Sulawesi Barat
Ini adalah isi dari Hidup di Sulawesi Barat, bagian ini membahasa mengenai kependudukan, Pendidikan, Fasilitas Olahraga, Layanan Kesehatan dan keluarga berencana yang di dalamnya terdapat persyaratan pembuatan, KTP,  KK dan akta berharga lainnya.
Jika masyarakat ingin tau kegiatan dan data-data tentang jumlah penduduk, peluang investasi dan bebagai dokumen lainya yang ada di pemerintah sulbar, maka di halaman dapat dijadikan referensi utama.
6. Gallery
Halaman ini berisi tentang dokumentasi photo-photo dan video kegiatan pemprov Sulawesi barat, dan motif-motif batik Sulawesi Barat. Poto yang disajikan cukup menarik dan apik. 
7  Transparansi Pengelolaan Anggaran
            Pada gambar disamping tertampil transparansi anggaran yang mendukung terciptanya good governance di sulbar. Karena berbagai informasi tentang transparansi anggaran dapat di unduh dan dapat dijadikan koreksi oleh masyarakat terhadap kinerja pemerintah provinsi.
8  Produk Perundangan
Berbagai produk perundangan keluaran pemerintah daerah provinsi Sulawesi Barat, keputusan Menteri, dan peraturan gubernur bisa di download.
9. Link
Pada halaman paling depan pada webite ini berisikan daftar link penting situs pemerintahan kota, pemerintah kabupaten dan situs lembaga pemerintahan propinsi sulawesi barat.
Situs ini sudah di lengkapi oleh fitur online chat langsung ke lembaga-lembaga penting yang ada di sulawesi barat seperti : Bappeda, Dinas ESDM, prasarana jalan, tata ruang dan pemukiman, Basan Diklat, Dinas Pertanian, Inspektora, Badan Ketahanan Pengan.
Jadi bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya, bisa langsung ke badan yang di tuju melalu online chat tersebut dengan catatan harus registrasi dahulu di situs ini. Fitur ini sangat efektif jika di manfaatkan dengan maksimal.
III. IDENTIFIKASI PENERAPAN E-GOVERNANCE
Domain e-goverment pada website provinsi Sulawesi Barat sudah mencakup 3 domain, yaitu e-administration, e-service, dan juga e-society. Berikut penjelasannya:
1.       E-adminstration
Tujuan dari e-administration adalah untuk meningkatkan kinerja internal pada sektor publik dengan memotong biaya proses, memanajemen kinerja proses, menciptakan hubungan strategis di dalam lembaga pemerintah, dan menciptakan pemberdayaan. Beberapa hal berikut sebagai bukti bahwa website Sulbar termasuk e-administration:
·         Adanya informatisasi pendukung proses keputusan yaitu berupa penyajian berita terkini, dan juga komentar-komentar dan saran yang diajukan masyarakat melalui fitur “suara masyarakat”.
·         Melalui website ini para pejabat pemprov Sulbar akan diberdayakan agar mereka paham akan IT dan tidak menjadi pejabat yang gaptek.
2.      E-service
E-service berfokus pada meningkatkan hubungan antara pemerintah dan warganya dengan meningkatkan aliran informasi diantara keduanya-yang melibatkan komunikasi dua arah- dan meningkatkan level pelayanan pemerintah terhadap warganya. Pengajuan perizinan melalui website pemerintah merupakan contoh penerapannya.
Berbagai informasi tentang pembuatan KK, KTP dan arsip penting lainnya bagi warga Sulbar, dapat diperoleh di website ini.Namun , sayangnya beberapa fitur yang disediakan ternyata isinya kosong, hal ini cukup membuat pengunjung website merasa kecewa.
3.      E-society
E-society pada dasarnya memperluas domain e-service dengan memfokuskan pada kelembagaan stakeholder, semisal penyedia layanan sektor privat, agensi publik lainnya, dan organisasi dan nir laba. E-society memiliki fokus untuk membangun kemitraan yang bersifat jangka panjang dan komunitas sosial/ ekonomi; contohnya, melalui penciptaan portal komunitas bisnis.
Pada halaman paling depan terdapat beberapa link yang langsung menghubungkan kita ke bebepaba dinas daerah dan web kota dan kabupaten di provinsi Sulbar. Walaupun link yang disediakan hanya terkait pemerintahan daerah tanpa ada link yang menghubungkan ke sektor bisnis yang sekiranya dapat di manfaatkan para investor atau stakeholder lain.
Bisa dikatakan bahwa website ini telah menerapkan konsep G2B (Government ti Business) dengan baik. Karena website ini tidak hanya “sekedar” memiliki fitur untuk melaksanakan e-procurement saja, namun pelelangan secara elektronik ini juga bisa dikatakan up to date. Selain fitur yang mendukung e-procurement ini, juga terdapat informasi-informasi mengenai peluang investasi bagi para pemilik modal di berbagai bidang, diantaranya: pertanian, kehutanan, peternakan, pertambangan dan energi hingga pariwisata serta di bidang industri dan perdagangan.
Selain konsep G2B, website ini juga telah menerapkan konsep G2G (government to government), bisa dilihat dari terdapatnya  link – link sub domain yang menghubungkan langsung kepada website – website pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sulawesi Barat itu sendiri.
Untuk konsep G2C (government to citizen), selain menyediakan berbagai bentuk informasi bagi masyarakat Sulawesi Barat, pemerintah juga menyediakan menu khusus “suara masyarakat”, pemerintah provinsi Sulawesi Barat juga menyediakan fitur online chat yang terhubung langsung kepada beberapa lembaga pemerintahan, seperti Dinas Pertanian SulBar, Bappeda SulBar, Badan diklat, Inspektorat provinsi, dll. Untuk tampilannya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
Pada Website Sulawesi Barat ini terdapat relasi G2C. Ini terlihat pada kolom perijinan. Lalu terdapat suara masyarakat yang bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasimya. Adapun G2G misalnya link Dinas Peternakan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Badan Diklat Provinsi Sulbar Badan Pusat Statistik Sulbar Badan Meteorologi dan Geofisika Komisi Pemilihan Umum Sulbar Biro Pembangunan dan Kerjasama Rantau Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah. Seperti gambar dibawah ini
Jika dilihat dari model tahapan World Bank, website pemerintah provinsi SulBar ini baru mencapai tahap interact (komunikasi dua arah (email) untuk menjaring opini masyarakat). Meskipun belum terlalu efektif, tapi sudah cukup baik karena meskipun suara masyarakat yang terakhir masuk adalah lebih dari satu tahun yang lalu, namun semuanya mendapatkan tanggapan. Semenjak bulan Maret 2010, saya tidak tahu apakah memang masyarakat yang tidak mengirimkan aspirasi atau saran ataupun kritiknya, ataukah memang opini dan aspirasi masyarakat tersebut tidak dipublish oleh pengelola website. Kalau memang tidak dipublish oleh pengelola, untuk apa masih ada dana pengelolaan website bagi tiap-tiap pemerintah daerah, padahal tujuan dibuatnya website itu sendiri adalah untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas daari pemerintah, serta sikap partisipatif dari masyarakat itu sendiri.
Untuk tahapan pertama (publish) sudah dilewati dengan sangat baik,  Karena pada website tersebut terdapat berbagai macam informasi, mulai dari sejarah-sejarah Sulawesi Barat, produk-produk hukum pemerintah hingga berita-berita terkini.
Sementara, untuk tahapan transact (transaksi pelayanan masyarakat online) baru sekadar online chat saja, dan itu pun tidak melayani registrasi apapun, sepertinya. Transaksi yang dilakukan pemerintah di website ini hanya yang melalui fitur LPSE tadi, yaitu dengan komunitas bisnis.

IV.  Analisis
Berikut adalah analisa yang lebih mendalam mengenai website kota Sulawesi Utara berdasarkan kategori website yang baik.


Keterangan range : 
§  1 ± 5  : tidak bagus
§  6± 7   : cukup bagus
§  8± 10 : bagus

No
Unit Analisis
Bobot Nilai
Kategori
Bobot Nilai
Jumlah Total
% Nilai Total
1.
Informasi menu dalam website
25%
Potensi daerah
40%
100%
22,25%
Komoditas Utama
27%
Kualitas SDM
18%
2.
informasi tambahan dalam fasilitas website
20%
Tahap I
16%
100%
14,22%
Tahap II
21%
Tahap III
40%
3.
Penyediaan hubungan
15%
G2C
28%
100%
10,81%
G2B
27%
G2G
21%
4.
Aksesibilitas
10%
<10 detik
100%


100%
8,4%
10-30 detik
>30 detik
5.
Design
10%
Animasi
18%
100%
7,79%
Teks lengkap
32%
Grafis
21%
6.
Jumlah tingkatan informasi
20%
1 Tingkat
15%
100%
13%
2 Tingkat
17,5%
3 Tingkat
17,5%
4 Tingkat
17,55%
Jumlah
100%

74,47%


Keterangan:
·         Potensi Daerah adalah menginformasikan tentang kondisi daerah yang bersangkutan seperti investasi, pariwisata dan penjualan hasil alam didaerah tersebut.
Nilai bobot website ini :10 dengan perhitungan 10/10 x 40% = 40% karena pada website ini penjelasan yang mengenai potensi daerah yang terdapat di Kota Sulawesi Barat dengan rinci dan menampilkan data-data yang akurat mulai dari  bidang pariwisata, hotel, seni dan budaya, tempat reakreasi dan sebagainya yang terdapat pada Sulawesi
Barat

·         Komoditas utama menjelaskan atau menginformasikan kekayaan alam yang terkandung di Kota tersebut yang berfungsi untuk menambah pemasukan dearah. Contohnya dalam sektor pertanian, kehutanan, pertambangan, perkebunan,sumber air peternakan, pariwisata, tempat belanja dan sebagainya.
    Nilai bobot website ini : 9 dengan perhitungan 9/10 x 30% = 27% karena pada website ini informasi mengenai hasil utama dari Kota Sulawesi Barat dari bidang pariwisata ditampilkan secara terinci dan dengan perhitungan yang matang.

·         Kualitas SDM ialah kualitas masyarakat pada Kota yang bersangkutan maksudnya latar pendidikan yang harus dimiliki pada setiap masyarakat supaya dalam penempatan karyawan pada suatu perusahaan lebih mudah dan sesuai dengan jenjang pendidikan yang mereka dapat.
Nilai bobot website ini : 6/10 x 30% = 18% karena dalam website ini kurang dalam menampilkan informasi kependudukan dan latar belakang pendidikan penduduk yang terdapat di Kota Sulawesi Barat

·         Tahap I merupakan informasi tambahan mengenai pendidikan baik informasi pendidikan maupun ilmu pengetahuan secara umum maupun informasi pendidikan yang terdapat di pada daerah tersebut.
Nilai bobot website ini : kami beri nilai 8 dengan perhitungan 8/10 x 20% = 16 %, karena pada website ini sangat detail menampilkan pendidikan dan saran pendidikan yang terdapat di Kota Sulawesi Barat

·         Tahap II merupakan informasi tambahan mengenai perniagaan yang terdapat di Kota Sulawesi Barat

Nilai bobot website ini : 7 dengan perhitungan 7/10 x 30% = 21%, karena dalam website ini sudah cukup menampilkan informasi mengenai perniagaan, tetapi masih kurang banyak informasi mengenai perniagaan dalam segala bidang.

·         Tahap III merupakan informasi tambahan baik informasi secara umum diluar dari kegiatan pemerintahan maupun informasi khusus yang berkaitan dengan kegiatan pemerintahan kabupaten.

Nilai bobot webasite ini : 8 dengan perhitungan 8/10 x 50% = 40%, karena secara keseluruhan informasi yang diberikan baik informasi secara umum ataupun mengenai kegiatan dalam pemerintahan Kota Sulawesi Barat itu sendiri ditampilkan secara jelas dan up-to-date.

·         G2C (goverment to citizien) ialah website tersebut melakukan hubungan langsung ke masyarakat contohnya komunikasi secara online antara user dengan website kota atau kabupaten tersebut.
Nilai bobot website ini 9 dengan perhitungan 9/10 x 40% = 28% karena padawebsite ini menampilkan menu-menu yang membuat interaksi antara penduduk dengan pemerintah semakin baik.

·         G2B (goverment to business) ialah website tersebut melakukan kerjasama antara beberapa perusahaan untuk menghasilkan suatu keuntungan (bisnis). Contohnya dalam bidang pariwisata yang bekerja sama dengan perusahaan lain yang bersangkutan seperti penginapan dan travel agent.
Nilai bobot website ini : 7/10 x 30% = 21% karena pada website ini sudah melakukan kerjasama antara lembaga pemerintah lainnya, walaupun terkadang link yang bersangkutan tidak terkoneksi dengan baik.



·         Aksesibilitas  adalah kecepatan jaringan untuk mengakses pada setiap menu.
Nilai bobot website ini : 10/10 x 100% = 100% karena kecepatan akses untuk menampilkan setiap menu sangat cepat kurang dari 10 detik

·         Animasi adalah suatu benda atau gambar yang bergerak
Nilai bobot website ini : 6 dengan perhitungan 6/10 x 30% = 18% karena pada website ini kurang atraktif, tidak terdapat banyak animasi yang membantu menjelaskan informasi dengan lebih menarik.

·         Teks lengkap ialah tulisan yang menjelaskan tentang website tersebut secara detail dan dalam penulisannya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
Nilai bobot website ini : 8 dengan perhitungan 8/10 x 40% = 32% karena informasi yang dibutuhkan user sudah cukup jelas dan mudah dimengerti dengan menggunakan pembahasan yang lengkap dan bahasa yang baku.

·         Grafis adalah gambar dengan perpaduan warna yang senada.
Nilai bobot website ini : 7 dengan perhitungan 7/10 x 30% = 21% karena pemilihan warna dan pelatakan struktur navigasi yang cukup baik tetapi masih kurang atraktif.

·         1 Tingkat  adalah persiapan, meliputi pembuatan situs informasi di setiap lembaga, penyiapan SDM, penyiapan sarana akses yang mudah, misalnya warnet dan lain lain.
Nilai bobot website ini : 6 dengan perhitungan 6/10 x 25% = 15% karena kurang menampilkan informasi mengenai tempat publik yang dapat digunakan untuk mengakses internet secara gratis.

·         2 Tingkat  adalah pematangan, meliputi pembuatan situs informasi public interaktif dan pembuatan antar muka keterhubungan dengan lembaga lain.
Nilai bobot website ini : 7 dengan perhitungan 7/10 x 25% = 17,5% karena padasitus website ini cukup menampilkan informasi secara interaktif dengan adanya poling, agenda, link download walaupun belum digunakan dengan maksimal

·         3 Tingkat adalah pemantapan, meliputi pembuatan situs informasi pelayanan public dan pembuatan interoperabilitas aplikasi dan data dengan lembaga lain.
Nilai bobot website ini : 7/10 x 25% = 17,5% karena pada situs website ini tidak ada transaksi layanan publik tetapi yang disajikan hanya berupa informasi saja.

·         4 Tingkat adalah pemanfaatan, meliputi pembuatan aplikasi untuk pelayananyang bersifat G2G, G2B dan G2C.

Nilai bobot website ini : 7/10 x 25% = 17,5% karena hubungan antara G2B, G2C dan G2G yang disampaikan hanya berupa informasi saja dan tidak interaktif.


TABEL PERHITUNGAN WEB
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOrKGADzkNQFFOBwn2dx3ZxnrrQEPZS0kRtX91WrnbRPkOFcihB5f0eoP3C4hvOhg0I9tFBHVFc5nc4itpgTBZDiOQ4OV7eOp7JSNKMNqLCQtERdh4CDAEwqWk6ek54HKIQawasgC-tQ8Y/s1600/gmbr+1.png
TABEL PERHITUNGAN ANALISIS
No.
Unit Analisis
Bobot Nilai
SUM(BXN)
Nilai Total
1
Informasi Menu Utama dalam website
25%
81
20,25
2
Informasi Tamabahan dalam Fasilitas Website
20%
71,1
14,22
3
Penyedia Hubungan
15%
72,1
10,81
4
Aksebilitas
10%
84
8,4
5
Design
10%
77,9
7,79
6
Jumlah Tingkatan Informasi
20%
65
13

Jumlah total perhitungan analisis 20,25 +14,22 + 10,81 +8,4 +7,79 +13 = 74,47 %

V.  KELEMAHAN DAN KELEBIHAN
Untuk tampilan web Sulawesi Barat, ada beberapa hal yang kami rasa kurang  baik. Seperti penggunaan ukuran teks pada link dan isi-isi berita yang kecil. Namun website ini juga memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini adalah kelemahan dan kelebihannya:
.

Kelemahan
·         Fitur chat online tidak yang di manfaatkan jarang aktif
·         Tidak disediakan dalam 2 bahasa
·         Tidak  di lengkapi dengan search engine, yang memudahkan masyarakat untuk mencari informasi yang kita inginkan dari situs ini
·         Nyatanya masih banyak link link kosong. Beberapa link penting ternyata ketika dibuka tidak ada isinya, cukup membuat pengunjung kecewa.
Beberapa link kosong tersebut antara lain: nomor penting, program kerja, sulbar masa depan, kalender kegiatan, tempat belanja, layanan perizinan dan ada beberapa lain diantaranya.
Kelebihan
·         Dari segi tampilan sudah cukup menarik dan informasi yang ada di web cukup update
·         Situs ini menghubungkan masyarakat ke beberapa lembaga penting di sulbar dan kabupaten-kabupaten di sulbar
·         Kecepatan akses ketika kita mengunjungi website ini sangat baik. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk kita melihat semua tampilan website ini muncul dengan sempurna. Begitu juga ketika kita mengunjungi link-link yang ada pada web ini.
·         Struktur navigasi pada website sulawesi barat pada menu utama terdapat Teras Sulbar, Mengenal Sulbar, Datang &Kunjungi, Hidup Di Sulbar, Gallery, Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah Dan Produk perundangan . Menu utama ini dapat langsung kita temukan karena berada di atas, atau berada pada header. Hal ini sangat mempermudah pengguna untuk mencari informasi yang ingin dipilih.
·         Situs ini disediakan dalam dua tampilan yaitu desktop dan handphone. Ini berarti website ini mudah juga diakses melalui handphone.

VI.  SARAN & KESIMPULAN
Saran penulis agar di maksimalkan  fungsinya seperti fitur online chat, agar aspirasi masyarakat yang lebih bisa tersampaikan dan bisa di tanggapi dengan cepat. Selain itu ada beberapa saran lain yang ingin disampaikan penulis diantaranya:
·         Perlu dilakukan secara terus menerus sosialisasi tentang arti penting penerapan e-Government  terhadap pihak pengambil keputusan di setiap instansi.
·         Agar dibentuk unit khusus untuk mengelola situs web resmi pemerintah dan dibayar secara profesional, sehingga tidak ada lagi link yang isinya kosongs.
·         Melakukan pelatihan dibidang teknologi informasi dan komunikasi secara rutin bagi staff yang mengelola situs web, sehingga fitur online chat  dapat dimaksimalkan fungsinya dan aspirasi masyarakat terkelola dengan baik.
·         Perlu sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat tentang layanan yang tersedia di situs web resmi pemerintahan.
Didalam website ini sebaiknya disediakan sistem informasi pengelolaan pengaduan masyarakat yang didalamnya terdapat aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).Untuk mengetahui kinerja pelayanan aparatur pemerintah di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sulbar  kepada masyarakat, perlu dilakukan penilaian atas pendapat masyarakat terhadap pelayanan.
Tujuan dari penyusunan indeks kepuasan masyarakat secara online ini adalah memberi gambaran secara nyata, bagaimana kualitas pelayanan di Pemerintahan Provinsi Sulbar  menurut persepsi masyarakat. Dengan demikian secepat mungkin dapat dilakukan evaluasi dan pembinaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat
Sekalipun website pemerintah provinsi Sulawesi Barat masih memiliki beberapa kekurangan akan tetapi di balik kelemahan itu menurut saya situs ini sudah sangat lengkap dan sangat membantu masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya dan mendapatkan informasi yang di butuhkan.Semoga website ini dapat secepatnya mamaksimalkan semua fitur yang ada, dan mningkatkan pelayanan onlinya sehingga semakin cepat pula tercapai Good Governance di provinsi Sulawesi Barat khususnya.




0 Response to "Analisis Kinerja Sistem Provinsi Sulawesi Barat"

Post a Comment