A. Latar Belakang
Provinsi Sulawesi Barat dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor
26 Tahun 2004 dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden
Republik Indonesia tanggal 16 Oktober 2004. Provinsi Sulawesi Barat ini
merupakan pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan, sesuai aspirasi masyarakat
yang dituangkan dalam
·
Keputusan Dewan
Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 20 Tahun 2002 tanggal
18 September 2002,
·
Keputusan Dewan
Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Majene Nomor 10 tahun 2000 tanggal 10 Maret
2000,
·
Keputusan Dewan
Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Polewali Mamasa Nomor 12/KPTS/DPRD/VI/2000
Tahun 2000 tanggal 19 Juni 2000,
·
Keputusan Dewan
Perwakilan Daerah Kabupaten Mamuju Nomor 42/KPTS/DPRD/2000 Tahun 2000 tanggal 6
Oktober 2000,
·
Keputusan Dewan
Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mamasa Nomor 26/KPTS/DPRD- Mamasa/2003
tanggal 27 Desember 2003,
·
Keputusan Dewan
Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mamuju Utara Nomor IST/KPTS/DPRD-MAMUJU
UTARA/2004 tanggal 23 Agustus 2004.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2004 ini pula, dibentuk
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Barat yang merupakan lembaga
Perwakilan Rakyat Daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan
Pemerintahan Daerah. Pengisian anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat tersebut
didasari dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.56-1028 Tahun 2005
tanggal 25 November 2005, dan telah diambil sumpah/janjinya pada tanggal 7
Desember 2005. Dengan selesainya pengisian anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat
dan Pemilihan Pimpinan DPRD tersebut merupakan tonggak sejarah baru bagi
provinsi ini karena telah mempunyai lembaga perwakilan rakyat yang permanen,
utuh dan representatif, yang nantinya diharapkan dapat menjadi penyalur
aspirasi rakyat, menjadi mitra sejajar pemerintah daerah.
A. Gambaran Umum Provinsi Sulawesi Barat
Kondisi Geografis Daerah
1. Letak geografis Provinsi Sulawesi Barat sangat
Strategis karena :
Berada pada sekitar garis khatulistiwa, terletak antara 0o 45'59'' Lintang Selatan, 03o 34'0'' Lintang Selatan, serta 118o 48'59''Bujur Timur hingga 119o 55'06''Bujur Timur.
Berada pada sekitar garis khatulistiwa, terletak antara 0o 45'59'' Lintang Selatan, 03o 34'0'' Lintang Selatan, serta 118o 48'59''Bujur Timur hingga 119o 55'06''Bujur Timur.
2. Memiliki Laut sepanjang Selat Makassar yang
merupakan lintas pelayaran Internasional.
3. Berada pada titk tengah dalam hubungannya dengan
Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Provinsi Kalimantan Timur.
4. Luas Wilayah daratan Provinsi Sulawesi Barat
adalah 16.787,18 Km2
Provinsi Sulawesi Barat
memliki batas administrasi daerah antara lain :
· Dibagian Barat berbatasan dengan Kabupaten Paser
Propinsi Kalimantan Timur
· Dibagian Utara berbatasan dengan Kabupaten
Donggala Propinsi Sulawesi Tengah
· Dibagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten
Pinrang Propinsi Sulawesi Selatan
· Dibagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Tana
Toraja dan Luwu Utara Propinsi Sulawesi Selatan
Kabupaten, Luas,
Jarak ke Ibukota Provinsi :
· Majene 879,77 Km2, Jarak 143 Km, Persentase 5,18
· Polman 2.090,05 Km2, Jarak 199 Km, Persentase
12,30
· Mamasa 2.843,85 Km2, Jarak 292 Km, Persentase
16,74
· Mamuju 8.221,81 Km2, Jarak 0, Persentase 48,39
· Mamuju Utara 276 Km2, Jarak 276 Km, Persentase
17,39
Jumlah Bangunan
(258.583) Rumah Tempat Tinggal Di Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2010 :
· Mamuju 75.754
· Polman 87.948
· Majene 31.080
· Mamasa 32.119
· Mamuju Utara 31.682
Gambaran Umum Demografis
Provinsi Sulawesi Barat yang terdiri atas 5 (lima) Kabupaten
memiliki jumlah penduduk berdasarkan hasil Sensus Penduduk BPS pada tahun 2010
berjumlah 1.158.336 jiwa. Berikut rincian jumlah penduduk dan komposisinya
berdasarkan jenis kelamin, struktur usia, jenis pekerjaan, dan pendidikan :
Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten Di Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2010 :
· Mamuju, Laki-Laki 173.4131 dan Perempuan
163.560, Total 336.973 Jiwa
· Polman, laki-Laki 193.108 dan Perempuan 203.012,
Total 396.120 Jiwa
· Majene, laki-Laki 73.673 dan Perempuan 77.434,
Total 151.107 Jiwa
· Mamasa, laki-Laki 71.088 dan Perempuan 68.994,
Total 140.082 Jiwa
· Mamuju Utara, Laki-Laki 70.244 dan Perempuan
64.125, Total 134.369 Jiwa
Gambar 1. Tampilan utama
e-government kota Sulawesi Barat
Gambar di atas Merupakan Tampilan
utama dari Website Sulawesi Barat, dari tampilan awalnya sudah bagus, dari atas
terdapat foto rumah adat dan penari yang memakai pakaian adat Sulbar . Di
Website ini terdapat fitur-fitur layanan dan informasi yang dapat di akses oleh
masyarakat. Website ini memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Makalah
ini akan menelusuri lebih lanjut tentang website tersebut.
II. ANALISIS
TAMPILAN
Jika di lihat dari segi tampilan Situs ini, sudah sangat
lengkap dan sesuai dengan standar situs pemerintahan seharusnya, pada bagian
atas situs ini menampilkan beberapa pilihan. Seperti yang terlihat pada gambar
di bawah ini
Bisa di lihat gambar di atas ini adalah fitur-fitur dari
Website Sulawesi Barat seperti Teras Sulbar, Mengenal Sulbar, Datang
&Kunjungi, Hidup Di Sulbar, Gallery, Transparansi Pengelolaan Anggaran
Daerah Dan Produk perundangan , semuanya dapat di akses dan memiliki isi yang
berbeda dan memiliki keunikan tersendiri.
1 Home (Teras Sulawesi Barat)
Sekilas menampilkan sejarah poto gubernur dan
wakil gubernur Sulbar saat ini dan keadaan juga daya tarik dari propinsi
Sulawesi barat , kemudian juga di sediakan slot pengumuman dan
berita terkini tentang kejadian-kejadian yang terjadi di wilayah sekitar
Sulawesi bara. Pada bagian atas web link “teras sulbar” ini juga
menyediakan berbagai informasi tentang Sulawesi barat, seperti :
o
Artikel
o
Webmail
Dalam teras sulbar juga disediakan sublink suara masyarakat,
sehingga Jika ingin menyampaikan aspirasi ke pemerintah maka di halaman ini lah
masyarakat bisa menyampaikannya dengan syarat harus registrasi dulu di situs
ini. Halaman ini sudah lengkap dengan nama dan kapan penulisan komentar.
Selanjutnya balasan langsung di tulis di bawah komentar yang
bersangakutan di sertai dengan tanggal penulisan balasan.Namun sayang situs
yang bagus ini tidak dilengkapi 2 dua bahasa.
2. Mengenal Sulawesi Barat
Ini adalah isi dari Mengenal Sulawesi Barat di dalamnya
terdapat Berita terkini mengenai Sulawesi Barat, sejarah, demografi dan
kekayaan alam di sulbar; Sulbar Masa Depan; Pemerintahan yang
berisi perangkat daerah, struktur pemerintahan dan lainnya; dan program kerja
pemerintahnya. semuanya dapat di akses oleh semua orang, yang ingin mengenal
tentang Sulawesi Barat.
3. Datang Dan Berkunjung
Gambar di samping ini adalah bagian yang paling menarik bagi
saya setiap kali membuka website daerah, yaitu Bagian Datang dan Kunjungi. Di
dalamnya terdapat kalender kegiatan, rekomendasi hotel dan kuliner, kesenian
khas Sulawesi Barat, tempat belanja dan pariwisata
Tapi
sayang karena beberapa link di samping ternyata kosong seperti kalender
kegiatan, tempat belanja dan kesenian.
4.Bisnis Sulawesi Barat
Ini adalah isi dari Bisnis Sulawesi Barat, kita
bisa mendapat informasi tentang investasi, produk unggulan, layanan dan
perizinan bisnis, retribusi daerah, data UMKM, statistik, Insentif dan
laporan keuangan ini menarik untuk investor yang ingin menanam modal atau
membuat usaha di provinsi Sulawesi Barat. Pada bagian ini dapat dimanfaatkan para
investor yang ingin menanamkan modal atau ingin membuka usaha di Sulawesi
Barat.
5. Hidup Di Sulawesi Barat
Ini adalah isi dari Hidup di Sulawesi Barat, bagian ini
membahasa mengenai kependudukan, Pendidikan, Fasilitas Olahraga, Layanan
Kesehatan dan keluarga berencana yang di dalamnya terdapat persyaratan
pembuatan, KTP, KK dan akta berharga lainnya.
Jika masyarakat ingin tau kegiatan dan data-data tentang
jumlah penduduk, peluang investasi dan bebagai dokumen lainya yang ada di
pemerintah sulbar, maka di halaman dapat dijadikan referensi utama.
6. Gallery
Halaman ini berisi tentang dokumentasi photo-photo dan video
kegiatan pemprov Sulawesi barat, dan motif-motif batik Sulawesi Barat.
Poto yang disajikan cukup menarik dan apik.
7 Transparansi Pengelolaan Anggaran
Pada
gambar disamping tertampil transparansi anggaran yang mendukung terciptanya
good governance di sulbar. Karena berbagai informasi tentang transparansi
anggaran dapat di unduh dan dapat dijadikan koreksi oleh masyarakat terhadap
kinerja pemerintah provinsi.
8 Produk Perundangan
Berbagai produk perundangan keluaran pemerintah daerah
provinsi Sulawesi Barat, keputusan Menteri, dan peraturan gubernur bisa di
download.
9. Link
Pada halaman paling depan pada webite ini berisikan daftar
link penting situs pemerintahan kota, pemerintah kabupaten dan situs lembaga
pemerintahan propinsi sulawesi barat.
Situs ini sudah di lengkapi oleh fitur online chat langsung
ke lembaga-lembaga penting yang ada di sulawesi barat seperti : Bappeda, Dinas
ESDM, prasarana jalan, tata ruang dan pemukiman, Basan Diklat, Dinas Pertanian,
Inspektora, Badan Ketahanan Pengan.
Jadi bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya,
bisa langsung ke badan yang di tuju melalu online chat tersebut dengan catatan
harus registrasi dahulu di situs ini. Fitur ini sangat efektif jika di
manfaatkan dengan maksimal.
III. IDENTIFIKASI PENERAPAN E-GOVERNANCE
Domain e-goverment pada website provinsi Sulawesi Barat
sudah mencakup 3 domain, yaitu e-administration, e-service, dan juga e-society.
Berikut penjelasannya:
1.
E-adminstration
Tujuan dari e-administration adalah untuk meningkatkan
kinerja internal pada sektor publik dengan memotong biaya proses, memanajemen
kinerja proses, menciptakan hubungan strategis di dalam lembaga pemerintah, dan
menciptakan pemberdayaan. Beberapa hal berikut sebagai bukti bahwa website Sulbar
termasuk e-administration:
·
Adanya informatisasi pendukung
proses keputusan yaitu berupa penyajian berita terkini, dan juga
komentar-komentar dan saran yang diajukan masyarakat melalui fitur “suara
masyarakat”.
·
Melalui website ini para pejabat
pemprov Sulbar akan diberdayakan agar mereka paham akan IT dan tidak menjadi
pejabat yang gaptek.
2.
E-service
E-service berfokus pada meningkatkan hubungan antara
pemerintah dan warganya dengan meningkatkan aliran informasi diantara
keduanya-yang melibatkan komunikasi dua arah- dan meningkatkan level pelayanan
pemerintah terhadap warganya. Pengajuan perizinan melalui website pemerintah
merupakan contoh penerapannya.
Berbagai informasi tentang pembuatan KK, KTP dan arsip
penting lainnya bagi warga Sulbar, dapat diperoleh di website ini.Namun ,
sayangnya beberapa fitur yang disediakan ternyata isinya kosong, hal ini cukup
membuat pengunjung website merasa kecewa.
3.
E-society
E-society pada dasarnya memperluas domain e-service dengan
memfokuskan pada kelembagaan stakeholder, semisal penyedia layanan sektor
privat, agensi publik lainnya, dan organisasi dan nir laba. E-society memiliki
fokus untuk membangun kemitraan yang bersifat jangka panjang dan komunitas
sosial/ ekonomi; contohnya, melalui penciptaan portal komunitas bisnis.
Pada halaman paling depan terdapat beberapa link yang
langsung menghubungkan kita ke bebepaba dinas daerah dan web kota dan kabupaten
di provinsi Sulbar. Walaupun link yang disediakan hanya terkait pemerintahan
daerah tanpa ada link yang menghubungkan ke sektor bisnis yang sekiranya dapat
di manfaatkan para investor atau stakeholder lain.
Bisa dikatakan bahwa website ini telah menerapkan konsep G2B
(Government ti Business) dengan baik. Karena website ini tidak hanya “sekedar”
memiliki fitur untuk melaksanakan e-procurement saja, namun pelelangan secara
elektronik ini juga bisa dikatakan up to date. Selain fitur yang
mendukung e-procurement ini, juga terdapat informasi-informasi mengenai
peluang investasi bagi para pemilik modal di berbagai bidang, diantaranya:
pertanian, kehutanan, peternakan, pertambangan dan energi hingga pariwisata
serta di bidang industri dan perdagangan.
Selain konsep G2B, website ini juga telah menerapkan konsep
G2G (government to government), bisa dilihat dari terdapatnya link
– link sub domain yang menghubungkan langsung kepada website – website
pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sulawesi Barat itu sendiri.
Untuk konsep G2C (government to citizen), selain menyediakan
berbagai bentuk informasi bagi masyarakat Sulawesi Barat, pemerintah juga
menyediakan menu khusus “suara masyarakat”, pemerintah provinsi Sulawesi
Barat juga menyediakan fitur online chat yang terhubung langsung kepada
beberapa lembaga pemerintahan, seperti Dinas Pertanian SulBar, Bappeda SulBar,
Badan diklat, Inspektorat provinsi, dll. Untuk tampilannya, bisa dilihat pada
gambar dibawah ini:
Pada Website Sulawesi Barat ini terdapat relasi G2C. Ini
terlihat pada kolom perijinan. Lalu terdapat suara masyarakat yang bisa
digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasimya. Adapun G2G misalnya link
Dinas Peternakan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Badan Diklat Provinsi Sulbar
Badan Pusat Statistik Sulbar Badan Meteorologi dan Geofisika Komisi Pemilihan
Umum Sulbar Biro Pembangunan dan Kerjasama Rantau Badan Pengendalian Dampak
Lingkungan Daerah. Seperti gambar dibawah ini
Jika dilihat dari model tahapan World Bank, website
pemerintah provinsi SulBar ini baru mencapai tahap interact (komunikasi dua
arah (email) untuk menjaring opini masyarakat). Meskipun belum terlalu efektif,
tapi sudah cukup baik karena meskipun suara masyarakat yang terakhir masuk
adalah lebih dari satu tahun yang lalu, namun semuanya mendapatkan tanggapan.
Semenjak bulan Maret 2010, saya tidak tahu apakah memang masyarakat yang tidak
mengirimkan aspirasi atau saran ataupun kritiknya, ataukah memang opini dan
aspirasi masyarakat tersebut tidak dipublish oleh pengelola website. Kalau
memang tidak dipublish oleh pengelola, untuk apa masih ada dana pengelolaan
website bagi tiap-tiap pemerintah daerah, padahal tujuan dibuatnya website itu
sendiri adalah untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas daari pemerintah,
serta sikap partisipatif dari masyarakat itu sendiri.
Untuk tahapan pertama (publish) sudah dilewati dengan sangat
baik, Karena pada website tersebut terdapat berbagai macam informasi,
mulai dari sejarah-sejarah Sulawesi Barat, produk-produk hukum pemerintah
hingga berita-berita terkini.
Sementara, untuk tahapan transact (transaksi pelayanan
masyarakat online) baru sekadar online chat saja, dan itu pun tidak melayani
registrasi apapun, sepertinya. Transaksi yang dilakukan pemerintah di website
ini hanya yang melalui fitur LPSE tadi, yaitu dengan komunitas bisnis.
IV. Analisis
Berikut adalah analisa yang lebih
mendalam mengenai website kota Sulawesi Utara berdasarkan kategori website
yang baik.
Keterangan
range :
§ 1 ± 5 : tidak bagus
§ 6± 7 : cukup bagus
§ 8± 10 : bagus
No
|
Unit Analisis
|
Bobot Nilai
|
Kategori
|
Bobot Nilai
|
Jumlah Total
|
% Nilai Total
|
1.
|
Informasi menu dalam website
|
25%
|
Potensi daerah
|
40%
|
100%
|
22,25%
|
Komoditas Utama
|
27%
|
|||||
Kualitas SDM
|
18%
|
|||||
2.
|
informasi tambahan dalam fasilitas website
|
20%
|
Tahap I
|
16%
|
100%
|
14,22%
|
Tahap II
|
21%
|
|||||
Tahap III
|
40%
|
|||||
3.
|
Penyediaan hubungan
|
15%
|
G2C
|
28%
|
100%
|
10,81%
|
G2B
|
27%
|
|||||
G2G
|
21%
|
|||||
4.
|
Aksesibilitas
|
10%
|
<10 detik
|
100%
|
100%
|
8,4%
|
10-30 detik
|
||||||
>30 detik
|
||||||
5.
|
Design
|
10%
|
Animasi
|
18%
|
100%
|
7,79%
|
Teks lengkap
|
32%
|
|||||
Grafis
|
21%
|
|||||
6.
|
Jumlah tingkatan informasi
|
20%
|
1 Tingkat
|
15%
|
100%
|
13%
|
2 Tingkat
|
17,5%
|
|||||
3 Tingkat
|
17,5%
|
|||||
4 Tingkat
|
17,55%
|
|||||
Jumlah
|
100%
|
|
74,47%
|
Keterangan:
·
Potensi Daerah adalah menginformasikan tentang
kondisi daerah yang bersangkutan seperti investasi, pariwisata dan
penjualan hasil alam didaerah tersebut.
Nilai bobot website ini :10 dengan perhitungan 10/10 x 40% =
40% karena pada website ini penjelasan yang mengenai potensi
daerah yang terdapat di Kota Sulawesi Barat dengan rinci dan menampilkan
data-data yang akurat mulai dari
bidang pariwisata, hotel, seni dan budaya, tempat reakreasi dan
sebagainya yang terdapat pada Sulawesi
Barat
|
·
Komoditas utama menjelaskan atau menginformasikan kekayaan alam yang terkandung di Kota tersebut yang berfungsi untuk
menambah pemasukan dearah. Contohnya dalam sektor pertanian, kehutanan,
pertambangan, perkebunan,sumber air peternakan, pariwisata, tempat belanja dan
sebagainya.
Nilai bobot website ini : 9 dengan
perhitungan 9/10 x 30% = 27% karena pada website ini informasi mengenai hasil
utama dari Kota Sulawesi Barat dari bidang pariwisata ditampilkan secara terinci dan dengan perhitungan yang matang.
|
·
Kualitas SDM ialah kualitas masyarakat pada Kota yang bersangkutan maksudnya latar pendidikan yang harus dimiliki
pada setiap masyarakat supaya dalam penempatan karyawan pada suatu perusahaan
lebih mudah dan sesuai dengan jenjang pendidikan yang mereka dapat.
Nilai bobot
website ini : 6/10 x 30% = 18% karena dalam website ini
kurang dalam menampilkan informasi kependudukan dan latar belakang pendidikan
penduduk yang terdapat di Kota
Sulawesi Barat
|
·
Tahap I merupakan informasi tambahan mengenai pendidikan baik informasi pendidikan maupun ilmu pengetahuan secara
umum maupun informasi pendidikan yang terdapat di pada daerah tersebut.
Nilai bobot
website ini : kami beri nilai 8 dengan perhitungan 8/10 x 20% = 16 %, karena
pada website ini sangat detail menampilkan pendidikan dan saran
pendidikan yang terdapat di Kota Sulawesi
Barat
|
·
Tahap II merupakan informasi tambahan
mengenai perniagaan yang terdapat di Kota Sulawesi Barat
Nilai bobot
website ini : 7 dengan perhitungan 7/10 x 30% = 21%, karena dalam website ini
sudah cukup menampilkan informasi mengenai perniagaan, tetapi masih
kurang banyak informasi mengenai perniagaan dalam segala bidang.
|
·
Tahap III merupakan informasi tambahan baik
informasi secara umum diluar dari kegiatan pemerintahan maupun informasi khusus
yang berkaitan dengan kegiatan pemerintahan kabupaten.
Nilai bobot
webasite ini : 8 dengan perhitungan 8/10 x 50% = 40%, karena secara
keseluruhan informasi yang diberikan baik informasi secara umum ataupun
mengenai kegiatan dalam pemerintahan Kota Sulawesi Barat itu sendiri
ditampilkan secara jelas dan up-to-date.
|
·
G2C (goverment to citizien) ialah website tersebut
melakukan hubungan langsung ke masyarakat contohnya komunikasi secara online
antara user dengan website kota atau kabupaten tersebut.
Nilai bobot
website ini 9 dengan perhitungan 9/10 x 40% = 28% karena padawebsite ini
menampilkan menu-menu yang membuat interaksi antara penduduk dengan
pemerintah semakin baik.
|
·
G2B (goverment to business) ialah website tersebut
melakukan kerjasama antara beberapa perusahaan untuk menghasilkan suatu
keuntungan (bisnis). Contohnya dalam bidang pariwisata yang bekerja sama dengan
perusahaan lain yang bersangkutan seperti penginapan dan travel agent.
Nilai bobot website ini : 7/10 x 30% = 21% karena pada website ini sudah melakukan kerjasama antara lembaga pemerintah
lainnya, walaupun terkadang link yang bersangkutan tidak terkoneksi
dengan baik.
|
·
Aksesibilitas
adalah kecepatan jaringan untuk mengakses pada setiap menu.
Nilai bobot website ini : 10/10 x 100% = 100% karena kecepatan akses
untuk menampilkan
setiap menu sangat cepat kurang dari 10 detik
|
·
Animasi adalah suatu benda atau gambar
yang bergerak
Nilai bobot
website ini : 6 dengan perhitungan 6/10 x 30% = 18% karena pada website ini
kurang atraktif, tidak terdapat banyak animasi yang membantu menjelaskan
informasi dengan lebih menarik.
|
·
Teks lengkap ialah tulisan yang menjelaskan tentang website
tersebut secara detail dan dalam penulisannya menggunakan bahasa yang mudah
dimengerti.
Nilai bobot
website ini : 8 dengan perhitungan 8/10 x 40% = 32% karena informasi yang dibutuhkan user sudah cukup
jelas dan mudah dimengerti dengan menggunakan pembahasan yang lengkap dan bahasa yang baku.
|
·
Grafis adalah gambar dengan perpaduan
warna yang senada.
Nilai bobot
website ini : 7 dengan perhitungan 7/10 x 30% = 21% karena pemilihan warna dan pelatakan struktur navigasi yang
cukup baik tetapi masih kurang atraktif.
|
·
1 Tingkat adalah persiapan, meliputi pembuatan situs informasi di
setiap lembaga, penyiapan SDM, penyiapan sarana akses yang mudah, misalnya warnet dan lain lain.
Nilai bobot
website ini : 6 dengan perhitungan 6/10 x 25% = 15% karena kurang menampilkan
informasi mengenai tempat publik yang dapat digunakan untuk mengakses internet secara gratis.
|
·
2 Tingkat
adalah pematangan, meliputi pembuatan situs informasi public interaktif
dan pembuatan antar muka keterhubungan dengan lembaga lain.
Nilai bobot
website ini : 7 dengan perhitungan 7/10 x 25% = 17,5% karena padasitus
website ini cukup menampilkan informasi secara interaktif
dengan adanya poling, agenda, link download walaupun belum digunakan
dengan maksimal
|
·
3 Tingkat
adalah pemantapan, meliputi pembuatan situs informasi pelayanan public dan
pembuatan interoperabilitas aplikasi dan data dengan lembaga lain.
Nilai bobot website ini : 7/10 x 25% = 17,5% karena pada situs website ini
tidak ada
transaksi layanan publik tetapi yang disajikan hanya berupa informasi saja.
|
·
4 Tingkat adalah pemanfaatan, meliputi pembuatan aplikasi untuk
pelayananyang bersifat G2G, G2B dan G2C.
Nilai bobot
website ini : 7/10 x 25% = 17,5% karena hubungan antara G2B,
G2C dan G2G yang disampaikan hanya berupa
informasi saja dan tidak interaktif.
|
TABEL PERHITUNGAN WEB
TABEL PERHITUNGAN ANALISIS
No.
|
Unit Analisis
|
Bobot Nilai
|
SUM(BXN)
|
Nilai Total
|
1
|
Informasi Menu
Utama dalam website
|
25%
|
81
|
20,25
|
2
|
Informasi
Tamabahan dalam Fasilitas Website
|
20%
|
71,1
|
14,22
|
3
|
Penyedia
Hubungan
|
15%
|
72,1
|
10,81
|
4
|
Aksebilitas
|
10%
|
84
|
8,4
|
5
|
Design
|
10%
|
77,9
|
7,79
|
6
|
Jumlah
Tingkatan Informasi
|
20%
|
65
|
13
|
Jumlah total perhitungan
analisis 20,25 +14,22 +
10,81 +8,4 +7,79 +13 = 74,47 %
V. KELEMAHAN DAN
KELEBIHAN
Untuk tampilan web Sulawesi Barat, ada beberapa hal yang
kami rasa kurang baik. Seperti penggunaan ukuran teks pada link dan
isi-isi berita yang kecil. Namun website ini juga memiliki beberapa kelebihan.
Berikut ini adalah kelemahan dan kelebihannya:
.
. Kelemahan
·
Fitur chat online tidak yang di
manfaatkan jarang aktif
·
Tidak disediakan dalam 2 bahasa
·
Tidak di lengkapi dengan
search engine, yang memudahkan masyarakat untuk mencari informasi yang kita
inginkan dari situs ini
·
Nyatanya masih banyak link link
kosong. Beberapa link penting ternyata ketika dibuka tidak ada isinya, cukup
membuat pengunjung kecewa.
Beberapa link kosong tersebut antara lain: nomor penting,
program kerja, sulbar masa depan, kalender kegiatan, tempat belanja, layanan
perizinan dan ada beberapa lain diantaranya.
. Kelebihan
·
Dari segi tampilan sudah cukup
menarik dan informasi yang ada di web cukup update
·
Situs ini menghubungkan masyarakat
ke beberapa lembaga penting di sulbar dan kabupaten-kabupaten di sulbar
·
Kecepatan akses ketika kita
mengunjungi website ini sangat baik. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk kita
melihat semua tampilan website ini muncul dengan sempurna. Begitu juga ketika
kita mengunjungi link-link yang ada pada web ini.
·
Struktur navigasi pada website
sulawesi barat pada menu utama terdapat Teras Sulbar, Mengenal Sulbar, Datang
&Kunjungi, Hidup Di Sulbar, Gallery, Transparansi Pengelolaan Anggaran
Daerah Dan Produk perundangan . Menu utama ini dapat langsung kita temukan
karena berada di atas, atau berada pada header. Hal ini sangat mempermudah
pengguna untuk mencari informasi yang ingin dipilih.
·
Situs ini disediakan dalam dua
tampilan yaitu desktop dan handphone. Ini berarti website ini mudah juga
diakses melalui handphone.
VI. SARAN &
KESIMPULAN
Saran penulis agar di maksimalkan
fungsinya seperti fitur online chat, agar aspirasi masyarakat yang lebih
bisa tersampaikan dan bisa di tanggapi dengan cepat. Selain itu ada beberapa
saran lain yang ingin disampaikan penulis diantaranya:
·
Perlu dilakukan secara terus menerus
sosialisasi tentang arti penting penerapan e-Government terhadap pihak
pengambil keputusan di setiap instansi.
·
Agar dibentuk unit khusus untuk
mengelola situs web resmi pemerintah dan dibayar secara profesional, sehingga
tidak ada lagi link yang isinya kosongs.
·
Melakukan pelatihan dibidang
teknologi informasi dan komunikasi secara rutin bagi staff yang mengelola situs
web, sehingga fitur online chat dapat dimaksimalkan fungsinya dan
aspirasi masyarakat terkelola dengan baik.
·
Perlu sosialisasi secara terus
menerus kepada masyarakat tentang layanan yang tersedia di situs web resmi
pemerintahan.
Didalam website ini sebaiknya disediakan sistem informasi
pengelolaan pengaduan masyarakat yang didalamnya terdapat aplikasi Indeks
Kepuasan Masyarakat (IKM).Untuk mengetahui kinerja pelayanan aparatur
pemerintah di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sulbar kepada masyarakat,
perlu dilakukan penilaian atas pendapat masyarakat terhadap pelayanan.
Tujuan dari penyusunan indeks kepuasan masyarakat secara
online ini adalah memberi gambaran secara nyata, bagaimana kualitas pelayanan
di Pemerintahan Provinsi Sulbar menurut persepsi masyarakat. Dengan
demikian secepat mungkin dapat dilakukan evaluasi dan pembinaan untuk
meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat
Sekalipun website pemerintah provinsi Sulawesi Barat masih
memiliki beberapa kekurangan akan tetapi di balik kelemahan itu menurut saya
situs ini sudah sangat lengkap dan sangat membantu masyarakat untuk
menyampaikan aspirasinya dan mendapatkan informasi yang di butuhkan.Semoga
website ini dapat secepatnya mamaksimalkan semua fitur yang ada, dan
mningkatkan pelayanan onlinya sehingga semakin cepat pula tercapai Good
Governance di provinsi Sulawesi Barat khususnya.
0 Response to "Analisis Kinerja Sistem Provinsi Sulawesi Barat"
Post a Comment