What is e-Business
•
e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas
sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem yang terotomasi• Bagaimana teknologi informasi (elektronik dan digital) berfungsi sebagai medium tercapainya proses dan sistem bisnis (pertukaran barang dan jasa) yang lebih baik dibandingkan cara-cara konvensional
Era Digital = Era e-Business
• Perubahan paradigma, old economy to digital economy
•
Digitalisasi segala aktivitas ekonomi/bisnis mendasari terbentuknya
“Digital Economy/e-Business” Surat Elektronik, audio/video dll
• Data dan informasi dapat dengan mudah diterima/disebar sehingga memudahkan proses bisnis• Era digital memudahkan/mempercepat perkembangan e-Business
Mengapa Digitalisasi Berkembang?
• Karena sangat mudah diduplikasi
• Biaya murah pada saat menduplikasi
• Mudah melakukan proses restrukturisasi (mis: analog ke digital)
• Dapat memperbaiki kualitas sumber daya fisik
Value e-business terhadap perusahaan
Efficiency
– Perbaikan efisiensi perusahaan (40% biaya operasional utk penciptaan dan penyebaran informasi)
– E-mail, Website, Call Center, VOIP, Sistem Pendukung Keputusan dll.
Effectiveness
– Penerapan SCM meningkatkan efektifitas operasional
– Penerapan ERP à mengintegrasikan aktivitas perusahaan
– Peningkatan kualitas pengambilan keputusan
Reach
– Perluasan jangkauan dan ruang gerak perusahaan
– Memperluas kerjasama dan cakupan ‘daerah’ bisnis
– Menembus batas ruang dan waktu
Structure
– Struktur bisnis lebih simple/sederhana
– Virtual Company
– Perubahan perilaku perusahaan dalam berbisnis
Opportunity
– Peluang yang besar untuk inovasi perusahaan
E-business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan jasa dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi. sehingga melakukan transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan internet. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
keuntungan - keuntungan yang didapat atau manfaat dari e business itu sebagai berikut :
• Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
• Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
• Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
• Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
• Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
• Menekan biaya telekomunikasi.
• Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitas yang lebih tinggi.
• Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah roduk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktorfaktor luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan
• Pembeli atau customer dapat dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet, sehingga tidak repot harus ke tempat hanya untuk melihat barang.
Kondisi
yang menentukan jika penjualan/pembelian organisasi mendapatkan sebagian besar
penghematan biayanya dari E-business :
1. Jenis Usaha
Langkah
awal, tentukan jenis usaha yang bisa mendatangkan uang, misalnya menjual produk
jasa, informasi, iklan, atau menjajakan produk orang lain. Hal lain yang juga
harus diperhatikan adalah bagaimana persaingan bisnis dan di mana penekanan
bisnis Anda. Apakah Anda lebih mengutamakan harga, kualitas, servis, atau
selling point lainnya.
2. Nama komersial
Nama
bagus biasanya pendek, mudah diingat, dan mencerminkan bisnis yang digeluti.
Prinsip sama berlaku pada bisnis online. Nama domain Anda adalah nama yang akan
dikenal di dunia maya. Jadi, pilihlah nama yang mudah diingat, pendek, gampang
diucapkan, dan sebisa mungkin mncerminkan bisnis Anda agar konsumen akan
mengingatnya, mengejanya dengan benar, dan menuliskan di web browser mereka.
3. Sewa Tempat
Banyak
website memberikan informasi mengenai cara membuat, mendesain, dan memasang
website di internet. Anda bisa membuatnya sendiri atau menyewa orang lain untuk
melakukannya. Anda juga harus memilih web hot untuk menempatkan website Anda
jadi “tuan tanah” alias pemilik domain tepercaya. Anda pasti tak ingin kehilangan
pelanggan karena “toko” sering ditutup dalam rangka perbaikan, bukan? Web host
yang bagus menawarkan jaminan selalu buka, bisa mengatasi traffic pengunjung
yang padat, menjawab pertanyaan Anda dengan cepat, dan fasilitas menarik lain.
4. Toko Segala Ada
Coba
pikirkan apa yang akan Anda lakukan dengan toko offline? Anda akan mendesain
semenarik mungkin dan memudahkan konsumen menemukan yang mereka cari. Toko
online yang bagus akan menjadi tempat menyenangkan untuk dijelajahi dan memberi
kemudahan mencari barang yang diinginkan, misal dengan fasilitas search engine
atau mesin pencari. Desain website harus mencerminkan image atau produk yang
Anda jual. Misalnya profesional, hip, upscale, dan lain-lain. Jika toko offline
menawarkan pengecekan barang, menerima pembayaran dengan kartu kredit atau
debet (transfer), dan punya kebijakan mengembalikan barang bila ada kerusakan,
maka toko online sedianya memberikan fasilitas-fasilitas tersebut.
5. Gencar Promosi
Agar banyak dikunjungi, Anda perlu berpromosi. Misalnya, memasukkan web ke search engine, berpromosi di iklan baris, dan undang orang lain untuk masuk ke web Anda. Bisa juga dengan saling bertukar banner dengan web lain atau dengan membeli space banner di web yang banyak pengunjung. Jika ingin gratisan, cukup tulis alamat web di signature setiap mengirim e-mail. Atau, Anda bisa ikut aktif dalam berbagai grup diskusi atau forum dengan tak lupa menulis web signature
SUMBER
0 Response to "Pengertian Tentang E-Bisnis"
Post a Comment