IBM Melarang Penggunaan Siri iPhone 4S

Washington, AS - IBM melarang karyawannya memakai fitur perintah suara Siri yang terdapat di iPhone 4S. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu khawatir privasi perusahaannya akan terganggu karena Siri.

"Perusahaan khawatir data perintah suara ini mungkin disimpan di suatu tempat," kata CIO IBM, Jannete Horan, yang detikINET kutip dari TechRadar, Kamis (24/5/2012).

Pengguna iPhone bisa menggunakan Siri dengan menekan sebuah tombol virtual. Siri kemudian akan menjawab pertanyaan, mengirim email dan fungsi-fungsi lainnya sesuai permintaan.

Dalam prosesnya, data suara pengguna dikirim dulu ke Apple. "Ketika Anda menggunakan Siri, apa yang Anda katakan akan direkam dan dikirim ke Apple dalam rangka mengkonversi apa yang Anda katakan menjadi teks," demikian tertera dalam iPhone Software License Agreement.

Apple juga menyatakan bahwa dengan menggunakan Siri, maka pengguna setuju jika Apple mengkoleksi atau menggunakan informasi yang mereka terima. Inilah yang menjadi kekhawatiran IBM.

"Saya pikir larangan IBM ini tepat dan perusahaan lain seharusnya hati-hati tentang bagaimana data mereka dikoleksi, terutama berkaitan soal rahasia perdagangan atau komunikasi rahasia," kata Chris Conley dari American Civil Liberties Union (ACLU).

0 Response to "IBM Melarang Penggunaan Siri iPhone 4S"

Post a Comment