Apa Itu Monokok?

Monocoque berasal dari bahasa Perancis yang berarti cangkang tunggal (mono berarti tunggal dan coque berarti cangkang). Konstruksi monocoque berarti konstruksi yang dapat mendistribusikan seluruh gaya keseluruh cangkang seperti halnya kulit telur.
Konstruksi ini pertama sekali dikembangkan pada industri pesawat terbang pada awal tahun 1930-an, dan kemudian dikembangkan pada kendaraan bermotor, kapal,sepeda,bangunan.
Biasa nya monokok dipakai pada jaman dahulu untuk membuat rangka mobil.
X-ray desain bodi mobil yang telah menggunakan konstruksi monocoque 1942 Nash 600
kekurangan pada monokok itu sendiri dengan konstruksi monokok dan suspensi belakang ‘ala sedan’, otomatis kenyamanan terdongkrak. Berat total bisa berkurang signifikan, sehingga efisiensi bbm dan responsiveness meningkat, serta kerja rem lebih ringan. Taruna, Carens, dan lain-lain mau ngomong apa lagi? Tinggi kendaraan pun perlu direndahkan, tidak boleh melebihi tinggi Chevy Blazer (sekitar 1,6 meteran saja, tidak lagi 1,7m lebih seperti sekarang). Ini juga dapat menolong stabilitas dan mengurangi body rolling, serta lebih ergonomis untuk naik turun.
Di pihak lain, bila dibuat monokok, maka kemungkinan untuk ada versi pick-up menjadi tertutup. Ini adalah suatu kelemahannya.

0 Response to "Apa Itu Monokok?"

Post a Comment